Thursday, 22 September 2016

CONTOH RPP 1 KALI PERTEMUAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

1.       A.       Identitas

Nama Sekolah               :  SMAN 1 .........
Mata Pelajaran               :  BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester            :  XI (Sebelas) / I
Standar Kompetensi      :  2.      Mengetahui prngertian kalimat
Kompetensi Dasar         :  2.2   Menguasai pembentukan kalimat
Indikator                        :   1.    Memahami struktur-struktur kalimat
2.    Mendiskusikan jenis-jenis kalimat
3.    Dapat memberikan penjelasan tentang struktur dan contoh kalimat
Alokasi Waktu               :  1 x 20 menit ( 1 kali pertemuan )

B.    Tujuan Pembelajaran
Setelah menjelaskan konsep tekanan udara melalui berdiskusi di kelas, maka peserta didik diharapkan mampu:
1.       Memahami pengertian kalimat
2.       Menjelaskan tentang struktur-stuktur kalimat

C.   Materi PembelajaranKalimat adalah:Satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan suatu pikiran yang utuh . Dalam suatu kalimat terdiri dari beberapa unsur antara lain subyek,predikat, obyek ,pelengkap dan keterangan.
Kalimat dikatakan sempurna jika minimal memliki unsur Subyek dan Predikat.
1. Ciri-Ciri Subjek
§  Jawaban atas Pertanyaan Apa atau Siapa kepada Predikat.
Contoh :
 
1.
 Juanda memelihara binatang langka
Siapa memelihara?
 Jawab : Juanda. (maka juanda adalah S sedangkan
memelihara adalah )
Siapa atau apa Binatang langka ? = tidak ada jawaban 

2.
 Meja itu dibeli oleh paman.
Apa dibeli ?
 = jawab Meja
¨ Biasanya disertai kata itu,ini,dan yang (yang ,ini,dan itu juga sebagai pembatas antara subyek dan predikat)
Contoh : Anak itu mengambil bukuku
S P
2 CIRI-CIRI PREDIKAT
¨ Menimbulkan Pertanyaan apa atau siapa.
Dalam hal ini jika predikat maka dengan pertanyaan tersebut akan ada jawabannya.
Perhatikan pada Subyek diatas. Subyek dan predikat ditentukan secara bersama-sama.
¨ Kata Adalah atau Ialah
Predikat kalimat dapat berupa kata adalah atau ialah. Kalimat dengan Predikat demikian itu terutama digunakan pada kalimat majemuk bertingkat anak kalimat pengganti predikat.
¨ Dapat Disertai Kata-kata Aspek atau Modalitas
Predikat kalimat yang berupa verba atau adjektiva dapat disertai kata-kata aspek seperti
 telah, sudah, sedang, belum, dan akan. Kata-kata itu terletak di depan verba atau adjektiva. Kalimat yang subjeknya berupa nomina bernyawa dapat juga disertai modalitas, kata-kata yang menyatakan sikap pembicara (subjek), seperti ingin, hendak, dan mau.
3 CIRI-CIRI OBJEK
Predikat yang berupa verba intransitif (kebanyakan berawalan ber- atauter-) tidak memerlukan objek, verba transitif yang memerlukan objek kebanyakan berawalan me-. Ciri-ciri objek ini sebagai berikut.
¨ Langsung di Belakang Predikat
Objek hanya memiliki tempat di belakang predikat, tidak pernah mendahului predikat.
¨ Dapat Menjadi Subjek Kalimat Pasif
Objek yang hanya terdapat dalam kalimat aktif dapat menjadi subjek dalam kalimat pasif. Perubahan dari aktif ke pasif ditandai dengan perubahan unsur objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif yang disertai dengan perubahan bentuk verba predikatnya.
¨ Didahului kata Bahwa
Anak kalimat pengganti nomina ditandai oleh kata bahwa dan anak kalimat ini dapat menjadi unsur objek dalam kalimat transitif.
4 CIRI-CIRI PELENGKAP
Perbedaannya terletak pada kalimat pasif. Pelengkap tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. Jika terdapat objek dan pelengkap dalam kalimat aktif, objeklah yang menjadi subjek kalimat pasif, bukan pelengkap. Berikut ciri-ciri pelengkap.
¨ Di Belakang Predikat
Ciri ini sama dengan objek. Perbedaannya, objek langsung di belakang predikat, sedangkan pelengkap masih dapat disisipi unsur lain, yaitu objek. Contohnya terdapat pada kalimat berikut.
a) Diah mengirimi saya buku baru.
b)
 Mereka membelikan ayahnya sepeda baru.
Unsur kalimat buku barusepeda baru di atas berfungsi sebagai pelengkap dan tidak mendahului predikat.
· Hasil jawaban dari predikat dengan pertanyaan apa.
Contoh :
a. Pemuda itu bersenjatakan parang.
Kata parang adalah pelengkap.
Bersenjatakan apa ? jawab parang ( maka parang sebagai pelengkap )
b. Budi membaca buku.
Membaca apa ? jawab buku (buku sebagai obyek karena dapat
menempati Subyek)
5 CIRI-CIRI KETERANGAN
Ciri keterangan adalah dapat dipindah –pindah posisinya . perhatikan contoh berikut:
Cintya sudah membuat tiga kue dengan bahan itu.
S P O K
Dengan bahan itu Cintya sudah membuat tiga kue .
Cintya dengan bahan itu sudah membuat tiga kue.
Dari jabatan SPOK menjadi KSPO dan SKPO .Jika tidak dapat di pindah maka bukan keterangan.

1.       D.       Metode Pembelajaran
Metode  :        –   kelompok jigsaw
–   Diskusi
–  Tugas
Model Pembelajaran
Cooperatif learning
1.       E.       Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Pertama
No
Kegiatan Belajar
Waktu(menit)
1.       1.        Kegiatan Pendahuluan                                                     ( 3 menit)
a











 Kesiapan siswa
–  Mempersiapkan siswa untuk belajar
–  Mencek kehadiran siswa
–  Mereview pelajaran ynag berkaitan dengan kalimat
Apersepsi
–  Apa itu kalimat?
–  Apa saja struktur-struktur kalimat?
Tujuan Pembelajaran
Setelah mendiskusikan kalimat dalam kelompok-kelompok kecil di dalam kelas, maka peserta didik dapat:
–  Menjelaskan pengertian kalimat
–  Mengidentifikasi struktur-struktur kalimat

   2.       Kegiatan Inti                                                                        ( 12 menit )
a
b


c
–  Siswa mendiskusikan kalimat dalam kelompok kecil
–  Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Konfirmasi
–  Guru menegaskan kembali jawaban yang diperoleh siswa
–  Guru memberikan award pada siswa yang aktif dalam proses pembelajaran

3.       Kegiatan Penutup                                                               ( 5 menit )

–  Siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini
–  Guru memberikan penilaian berupa quiz terhadap pelajaran yang telah dipelajari hari ini
–  Guru memberikan tugas rumah berupa 5 buah soal yang berhubungan dengan materi hari ini
–  Guru memberikan gambaran pada siswa tentang materi, yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya,


F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
–      Tes tertulisq
–      Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
–      Pilihan Ganda
–      Uraian
c. Instrumen yang dipakai


Penilaian Kognitif
Nama Sekolah           :  SMA N 1 Payakumbuh
Kelas /Semester        :  XI/2
Mata Pelajaran          :  BAHASA INDONESIA
Alokasi Waktu          :  3 menit
Jumlah soal               :  3 butir
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator soal
Penilaian
Teknik penilaian
Instrumen penilaian
Instrumen yang dipakai
1
Menguasai pengartian kalimat
kalimat
1.       Siswa memahami pengartian,struktur kalimat
Tes tertulis
Essay

1,2,3

Soal
1.       Apa yang kamu ketahui tentang kalimat?
2.       Apa saja ciri-ciri kalimat?
3.       Jelaskan tiga contoh kalimat yang kamu ketahui!



No
Kriteria
Skor
1
Jawaban benar
3
2
Jawaban yang terdapat keseluruhan factor
( 3 faktor)
3
Jawaban hanya benar satu
1
3
Jawaban dan penjelasan benar secara keseluruhan
4
Jawaban Benar menyebutkan faktornya tetapi penjelasannya salah
0.5

  palu, 10 April 2016

Mengetahui,
  Kepala SMA N 1...........                                         Guru Mata Pelajaran



Drs. //......                                                          Alamsyah, S.Pd.
NIP.                                                                                NIP.

No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH